Luv Sanguinis Phlegmantis-Ucil

Rabu, 27 April 2011

Planet Mungil di luar tata surya .

Naaah, baru-baru ini, ilmuan sari badan penerbangan dan antariksa Amerika Serikat atau NASA, berhasil menemukan planet terkecil diluar tata surya lhoo, planet ini diberi nama "KEPLER 10-B" nama ini sesuai sama nama teleskop yang dipake buat nemuin planet mungil ini.
Natalie Batalha, yapps ilmuan badan penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang menemukan planet imut-imtu tersebut lho, Ilmuan cantik ini mengungkapkan bahwa kepler merupakan planet berbatu, sama seperti Bumi. Ini yang membedakan dari jenis planet lain yang biasanya terdiri dari massa gas, Dijelaskan ukuran kepler 10-b ini tergolong kecil karena hanya 1,4 kali ukuran Bumi. sementara itu massanya 4,5 kali massa Bumi.
Sejauh ini sih belum pernah ditemukan planet layaknya bumi diluar tata surya yang berukuran sekecil ini.
Meski hampir mirip sama Bumi karena terdiri atas gas dan bebatuan, suhu planet ini terlalu panas. Salah satunya bersuhu 2700 derajat fahrenheit. Menurut pendapat ilmuan, suhu panas ini disebabkan jarak kepler 10-b dan bintangnya 20 kali lebih dekat dibandingkan jarak Merkurius-Matahari. karena suhu panasnya jadi ngga ada kehidupan deh..
makasih ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar