Luv Sanguinis Phlegmantis-Ucil

Minggu, 06 Februari 2011

Kelap Kelip Penuh Arti

Cahaya kunang-kunang muncul dari semak di tengah gelapnya malam. semak yang gelap jadi gemerlap. bagaikan langit bertabur bintang. Hmm, tahukah teman-teman. jika cahaya itu penuh arti ?
  


Mencari Jodoh
 Salah satu tujuan kunang-kunang jantan menyalakan cahaya untuk mencari jodoh. Ting..ting..ting..! kunang-kunang betina yang tertarik, akan segera mendekat. Ada juga kunang-kunang betina yang menyala lebih dahulu. Barulah kunang-kunang jantan yang mendekat ..





Alat Komunikasi~
Cling..cling..! kunang-kunang tak perlu suara untuk "berbicara" dengan teman-temannya. Mereka hanya menyalakan cahaya di tubuhnya. setiap jenis kunang-kunang memiliki cahaya yang berbeda-beda lhoo..
Tentu saja, cahaya itu mamiliki maksud berbeda-beda pula. Akan tetapi, cara berkomunikasiyang seperti ini hanya bisa di pahami oleh kunang-kunang .. hehehee..
Senjata pertahanan~
Saat ada musuh berbahaya, kunang-kunang juga segera menyalakan cahayanya. Cahayanya jadi seperti senjata pertahanan. waktu badannya menyala, binatang pemangsa tidak dai menangkapnya.

LUSIFERIN.
Mengapa kunang-kunang bercahaya ? alam tubuhnya ada zat yang bernama lusiferin dan enzim lusiferase. kalau zat dan enzim itu bercampur, hasilnya adalah energi yang bisa menghasilkan cahaya.

Selai penuh arti, cahaya kunang-kunang juga bisa digunakan untuk penerangan, lhoo.
kira-kira 500 tahun yang lalu, para ilmuan dan nelayan di Tiongkok memasukkan kunang-kunang ke dalam kantong bening. cahaya yang terkumpul dari kantong kunang-kunang pun dijadikan lampu untuk membaca dan mencari ikah,, Hebat yah ^^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar