Luv Sanguinis Phlegmantis-Ucil

Selasa, 08 Februari 2011

Intip cantiknya "Ngarai Sianok" Lembah Cantik Bukittingi

Keindahan Ngarai Sianok sangat indah, banyak wisatawan yang datang untuk memotret dan ada pula yang datang untuk melukis keindahannya. namun Ngarai Sianok lebih terasa indah bila kita menikmatinya secara langsung.
Ngarai Sianok adalah lembah yang terletak di Bukittinggi, Sumatra Barat. Dindingnya tegak lurus dan hijau lebat oleh pepohonan. Di dasar ngarai mengalir sebuah sungai kecil, sungai Sianok. Airnya jernih, hingga kita bisa melihat bebatuan dan pasis di dasarnya. Sungai sianok juga banyak ikannya. biasanya ada ikan mujair dan ikan belang.
Tapi, itu dulu. sekarang, ngarai sianok sudah berbeda. Gempa yang cukup keras mengubah wajah ngarai kita. tebingnya ada yang botak karena longsor. Sungai Sianok pun tertimbun pasir. Tak ada lagi ikan.
Untung, sungai sianok tidak hilang. tapi, ia ikut berubah. Sekarang, sungai sianok jadi lebaaar banget dan dangkal.
meski wajah Ngari ku berubah, tapi segarnya udara dan bersihnya langit masih tetap sama. Udara di lembah ini agak lembab. kalau siang hari terasa sejuk. Langit disini sering tertutup mendung, karena itu teduh.
Kalau kalian berdiri di puncak tebing Ngarai Sianok, kamu akan melihat jurang yang dalam, lebar dan panjang. Jurang indah ini dalamnya sekitar 100 meter, lebarnya 200 meter, dan panjangnya 15 kilometer

Terimakasih^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar